Apa Aku Manusia?

Apa aku ini manusia?
Manusia apa aku ini?
Inikah aku manusia itu?
Itukah aku manusia ini?

kadang aku manusia
kadang aku bukan manusia
kadang pernah manusia
kadang masih manusia
agak manusia kadang-kadang
seringkali lupa aku manusia
belum manusia aku seringkali
bahkan aku ternyata tidak manusia!

Lalu apa aku ini…?

Aku adalah serigala berwajah manusia
yang membunuh, menerkam dan memakan bangkai..
Aku adalah anjing dan babi berkepala manusia
yang bersenggama tanpa aturan dan beronani sampai mati…
Aku adalah makhluk biadab dan keji dalam topeng bidadari
yang membunuhi anak-anak kami
dan membuangnya di got-got busuk tepi jalan…
Aku adalah setan yang menyembah kelamin dan syahwat!
aku adalah iblis yang berlagak munafik mengecup kening Tuhan!

aku belum pernah manusia
yang menaruh akal dan hati nurani
sebelum perempuan dan senggama,
aku belum pernah manusia
yang menaruh kesucian dan harga diri
sebelum lelaki dan senggama,
aku tidak pernah manusia
yang menaruh surga dan Tuhan
sebelum korupsi dan setan

aku hanya kadang-kadang manusia
ketika selesai membunuh manusia
ketika usai bersenggama dan terengah-engah
ketika puas menjadi binatang
ketika bosan berperangai sebagai setan

hanya sesaat itu aku manusia…
dan segera setelah sesaat itu…
maka aku kembali binatang
maka aku kembali iblis

kapan aku manusia?
akankah aku manusia?

Wahai Tuhan yang Maha Cinta,
jadikan aku “manusia”…!

0 komentar: